35396409_207078113441098_2214135819537481728_n

Mampukah Kita Mewujudkan Zero Waste ?

Bebas Sampah (Zero Waste) dalam bahasa Inggris adalah filsafat yang mendorong perancangan ulang daur sumberdaya, dari sistem linier menuju siklus tertutup, sehingga semua produk digunakan kembaliβ™»

Sampah yang tidak dikelola dengan baik, dapat menyebabkan banyak penyakit, di antaranya Demam Berdarah Dangue (DBD)πŸ•·

Pengolahan sampah yang tidak baik juga menyebabkan perubahan iklim sehingga menyebabkan kekeringan sangat parah di banyak negara karena akibat dari sampah yang menumpuk.

Perlu ada upaya lebih banyak untuk menghentikan perubahan iklim dan berbagai dampak buruk dan perilaku membuang sampah sembarang.

Menurut laporan UNEP Green Economy, dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah Korea dengan berbagai kebijakannya, berhasil menggalakkan program daur ulang di Negeri Ginseng itu sekaligus menciptakan ribuan lapangan kerja baru.

Hal tersebut dilakukan pemerintah Korea demi menciptakan masyarakat yang mampu memanfaatkan kembali sumber daya (Resource Recirculation Society).

Melatih memiliki gaya hidup masa kini yang peduli/ramah lingkungan seperti di luar negeri, yuuuk 😘😘
Festival Sukacita Belajar mengajak para pengunjung untuk bersinergi mewujudkan konsep zero waste selama acara berlangsung.

Acara minim sampah kita :

  • peserta wajib membawa kotak bekal/kotak makan dan tumbler sendiri untuk wadah makanan dan minuman (disarankan untuk tidak memakai wadah sekali pakai)
  • panitia menyediakan galon air pada beberapa lokasi strategis untuk isi ulang bobol/tumbler minum yang dibawa oleh peserta
  • peserta membawa tas belanja sendiri yang bisa dipakai berkali-kali
  • mari kita membuang sampah sesuai dengan karakteristik sampahnya (sampah organik, sampah guna ulang, sampah daur ulang, sampah residu, sampah B3/bahan beracun berbahaya)

It’s gonna be challenging 😘😎

Comments are closed.