photo6338843633058425034

Workshop Architecture vol. 2 – 27 Januari 2018

Penulis: Lena

Pasti memang tidak mudah ya, memperkenalkan dunia arsitektur kepada anak – anak. Butuh perjuangan sendiri memang. Yang pasti, para pengajar harus telaten, sabar dan bisa membawa materi dengan fun bersama anak – anak.

Komunitas Belajar Bersama mengisi road to Sukacita Belajar dengan workshop  Belajar Arsitektur untuk anak di One Belpark Mall Fatmawati pada tanggal 27 Januari 2018.

Pada workshop tersebut, dibagi menjadi 2 sesi. Yaitu :

 

Sesi 1 Designing 3D paper house.

Anak-anak belajar membuat rumah dari kertas. Kegiatan ini anak – anak melakukan mengunting, menempel, menghias dan membayangkan rumah dari dimensi 2 menjadi dimensi 3. Setelah itu, mereka akan belajar menata rumah-rumah agar terlihat apik berdampingan dengan rumah yang lain. Serta menghias dengan jalan raya, kolam renang, pohon, pagar dan lain – lain agar semua terlihat selaras dan sesuai dengan imajinasi anak – anak.

 

Manfaat mengikuti workshop Designing 3D paper house yaitu :

  1. Melatih Observation Skill. Anak-anak akan diajak mengenali bagian-bagian rumah, dinding, atap, lantai, pintu jendela ketika mereka menghias/mewarnainya.
  2. Melatih Analysis skill dan meningkat Geometrical Skill. Anak-anak akan diajari untuk mengenali bangun dalam bentuk 2 dimensi dan mengubah menjadi 3 dimensi.
  3. Melatih Application dan sensing skill. Anak-anak diajarkan menata rumah-rumah tersebut agar serasi dengan yang lain.
  4. Melatih motoric skill. Anak-anak dilatih untuk menggunting, melipat dan menempel.

 

Sesi 2 Tower Chalenge

 

Sebelum membuat Tower yang kuat, pengajar menjelaskan  sejarah menara, untuk apa sih fungsi menara itu, perkembangan teknik membangun menara, teknologi baru untuk kontruksi menara. Pengajar merupakan seorang arsitek profesional.

Bahan yang digunaakan  yaitu dari potongan stik es krim. Anak-anak dilatih untuk melatih kesabaran dan perhitungan  ketika mengelem anatar stik agar persisi. Setiap anak diberikan Intruksi maanual, sehingga mereka melatih pola pikir serta mampu mengembangkan logika matemtaik dalam merangkai stik menjadi menara. Setelah menara tersebut sudah jadi, anak – anak menguji seberapa kuat menahan bebannya. Ketika tes kekuatan menara, di sini saat – saat yang menegangkan dan sangat seru untuk anak – anak, karena mereka dapat mengevaluasi dan mengukur hasil karyanya.

Belajar arsitektur anak  menyenangkan bukan? Ikuti workshop – workshop berikutnya ikuti terus fan page Sukacita Belajar.

Comments are closed.